Friday, August 31, 2007

Jalan TeruS...

Jalan TeruS...
Hidup memang tak semudah waktu kita muda dulu
panas dingin tak bisa diterka
strategi hidup bertahan dari seleksi sang alam....

Hidup memang tak seindah waktu kita muda dulu....
umur terindah pastikan berlalu
strategi hidup bertahan dari seleksi sang alam....

Panas dingin tak bisa diterka
panas dingin tak bisa diterka

tapi apapun yang terjadi
akan-ku jalani..
akan-ku hadapi...
dengan segenap hati....

Walau-ku terluka
memang-ku terluka
tak pernah-ku lari dari semua ini.....

Belum waktunya kita berhenti...
jangan cepat puas kawan...
bekerja dan terus bekerja...
hingga saat kita tak berguna lagi
(S07)


Pin...gimana hidup loe....baik-baik aja-kan???, sebenarnya kalimat sapa yang biasa-biasa aja, tapi kok aku ngerasa agak aneh ya...?tertuju pada sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf...Hidup!. bilamanakah sesuatu itu dikatakan hidup...??? bergerak-kah...? bisa berbicara-kah...? bisa merespon-kah...? bisa menghasilkan sesuatu-kah...?, mmmh, klu dalam tataran kategori praktis ya kesemua yang tadi disebutkan itu adalah merupakan bagian universum yang dikatakan hidup. hey, pikiran-ku menerawang...hhff, aku bergerak, aku berbicara, aku merespon, aku menghasilkan sesuatu...tapi apakah aku hidup....??? Bilamanakah sesuatu itu dikatakan hidup...???

Aku masih bertahan dengan kumpulan air berenergi beserta jeritan para nyamuk yang sedang mencari makan. udara malam tak hentinya menerobos ventilasi jendela secara perlahan. kata orang melihat sinar bulan dan gemerlap bintang di malam hari adalah hal yang sangat menyenangkan. umm, klu aku sih lebih enak nongkrong di depan buku elektronik-ku dengan permainan copter-nya. Agak cupu tapi yah cukup enjoy-lah, klu bosen ya ganti lagi...hehe. btw, kamar ini kamar yang lumayan pas juga untuk membuat narasi kehidupan.

Apapun yang terjadi, aku coba untuk menikmati dan bersyukur. Bekerja berangkat pagi pulang ketika mataharinya pulang juga. Bertemu malam dengan kondisi yang udah separuh nafas. Sempat beberapa kali kebablasan turun dari angkot karena mata ini tanpa ku-ijin tertutup. wuaahh...keliwatan lagiii...jerit hati-ku. Tok...tok...tok...kiri bang kiri bang..."hidup ya harus seperti itu pin...", kata sahabatku...ya ya ya...hidup itu penuh warna, terkadang sehat, bulan depan terkapar dikasur empuk hospital. Awal bulan senyumnya masih sumringah eh akhir bulan manyun-manyun. Nyari duit susah eh habisnya gampang banget. Sebentar senyum, sebentar nangis...weleh-weleh...

"Aku sudah ikhlas kak...tapi aku bingung..., aku masih mencintainya kak...aku tidak akan lupa dan nggk akan pernah bisa lupa...aku bingung kak...!!!", waduh ini masalah cinta, wilayah yang kompilasi eh kompleks banget. First love never die, emang bukan omongan kosong belaka. Sulit sekali untuk melewati hal yang sangat special pake telor dalam kehidupan kita. Apa lagi klu masalahnya about love...Tapi selalu saja terlihat pelangi usai hujan...

"Gile...gue nggk siap seminar besok...Gue mau balik kerumah aja sekarang...puyeng banget neh pala...", kok bisa...? besok seminar masa' mau dibatalin tiba-tiba....!!!? padahal udeh ada dosen dll. Persiapan udeh seminggu yang lalu loh...ya ampyun...

"Give Up gue, ngelamar kesana kemari, kagak diterima-terima juga. bosen juga. kok hidup gue seperti ini ya...? satu-satunya harapan ya yang loe kirim kemarin pin, moga gue dapet job dari situ...", iya bro...jangan pernah berhenti. Tetep DUIT (Doa Usaha Ikhtiar Tawakkal)...

"Oh....tidak...!!! dia selingkuh pin, padahalkan kita udeh komitmen...sakit banget rasanya...!!!" Ups, klu ini aku no comment aja...malah mau bertanya gimana caranya komitmen ketika kita mencintai seseorang....???
and many others-lah...

Paling tidak itulah warna yang pernah aku temui disela-sela waktu kerja-ku. Kata sahabat baik-ku, mas apit mengatakan Hidup ini harus berbagi agar dicintai makhluk langit dan warga bumi. Yah, aku terkadang mendapat bagian dari masalah-masalah kehidupan teman2ku...
Subhanallah, betapa beratnya ketika kita berhadapan dengan masalah yang tak kunjung habis. belum selesai satu, yang lain udah mengantri. Tapi, klu dipikir-pikir kita harus beruntung terhadap masalah karena terkadang masalah mengejarkan kita hikmah, suatu pembelajaran menuju kedewasaan.

Hiks-hiks...aku lagi ada masalah..., ya ya ya...namanya juga hidup pin. Sering aku mendengar lirik-lirik lagu S07 di atas. Pastinya kita akan sangat terluka dan emang terasa terluka terhadap masalah yang menimpa kita. Namun kita jangan pernah lari. apapun yang terjadi ya kita harus hadapi dengan segenap hati...
kita butuh strategi bertahan hidup dari seleksi sang alam...well, panas dingin memang tak dapat diterka. kita semua memang bermasalah dalam hidup. Wuahhh....i love u Guys...belum waktunya kita berhenti. Bekerja dan terus bekerja sehingga lahirlah sebuah karya sampai kita sudah tidak berguna lagi. Jangan terlalu larut terhadap masa lalu. Toh kita hidup bukan untuk masa lalu dan kita tidak pernah hidup untuk masa lalu. Masa lalu hanyalah kuadran evaluasi hidup kita. So, mulailah dengan lafadz Basmallah dan hadapi hari ini dan kehidupan masa mendatang...banyak masalah namun hidup harus jalan terus, iya nggk...???

Hhff, kusandarkan pundakku ke belakang, malam sudah semakin pekat. Semoga semua teman2-ku, adek2 kelas, all my family, sanak saudara-ku yang aku sayangi bisa menghadapi semua masalah dengan sikap yang bijak dan arif. Hey, bagaimana dengan pertanyaan bilamanakah sesuatu itu dikatakan hidup...??? ummm, akhirnya aku berkesimpulan sesuatu itu hidup jika mempunyai Visi. Yah...sesuatu itu hidup jika mempunyai visi yang harus diwujudkan...huuh!!! Sukur deh...berarti aku ini termasuk orang yang hidup:-)...setidaknya aku mempunyai visi dalam hidup ini.

"Pin..gimana hidup loe....baik-baik aja-kan???", emmm, eh, eh, amm...eee... aku kok belum bisa jawab ya...??? wakakak...


Apa yang menimpa seorang muslim berupa kelelahan, kesulitan, kegelisahan, kesedihan, dan gangguan, hingga duri yang menusuk tubuhnya.
Niscaya dengan itu Allah menghapus dosa-dosanya
(Muttafaq'alaih)


Sabar aja ya, kita masih punya Sang Raja Manusia kok yang siap membantu permasalahan kita.
Allah itu mengikuti prasangka hambanya...

pipin

1 comment:

Anonymous said...

(harus!) Jalan Terus...

Dari pintu ke pintu
kucoba...tawarkan nama
demi terhenti tangis anakku
dan keluh ibunya..

Tetapi tampaknya..semua mata
memandangku curiga
seakan hendak telanjangi
dan kuliti jiwaku

Apakah buku diri ini
akan slalu hitam kelam.?
Apakah dalam sejarah orang
mesti jadi pahlawan.?
sedang Tuhan diatas sana
tak pernah menghukum
dengan sorot mata-Nya yg lebih tajam
dari matahari
...............................
[ebiet]


akhi..
manusia memang makhluk yg acapkali hanya bisa mengeluh..
TAPI tidak semua keluhan itu harus dijejalkan dan (dipaksa) dicerna oleh nurani dan logika kita..
KITAlah yg harus mengolah keluhan itu 'didalam' agar 'keluar' dalam bentuk hikmah dan teladan, yg bisa menuntun diri sendiri dan org lain di sekitar kita

..berharap semoga keluhan kita tidak mnjadi keluhan bagi orang lain..dalam lingkaran setan yg tiada berujung..

***
revolution is not an APPLE that FALLS when its ripe.
YOU have to make it FALL..!
*(Che)