Wednesday, November 7, 2007

NgaLor NgidUL...

'Waktu merupakan inti perputaran dunia. Waktu selalu bergerak maju dan tidak mungkin mundur dengan volume tetap. Waktu merupakan catatan sejarah seseorang dan waktu adalah kesempatan...(fulfiling life)

Ngomongin soal waktu lagi...??? iya...!!!
Sebenarnya udeh jelas cie tertuliskan pada Surah Al-Ashr = Demi Waktu. Bahwa klu kita semuanya itu dalam keadaan rugi, kecuali orang yang mengerjakan amal sholeh dan saling nasehat-menasehati dalam kebaikan. Namun dalam tataran kehidupan seringkali kita berada dalam keadaan yang memang rugi. Dan aku juga demikian. So, masa' balik lagi ke The 'Susah' Story...The 'susah' story II kale ya...hmmm...

Sebagian orang berpandangan waktu itu adalah ' Yah, gimana nanti ajalah...'. Namun sebagiannya berpandangan waktu itu ' Wei, nanti bagaimana bos...'. Nah sebenarnya gue tuh termasuk orang yang berpandangan tentang waktu itu ya yang ke-2...'Nanti bagaimana...'. Konon katanya tidak ada tuh yang namanya manajemen waktu yang ada adalah manajemen diri. Waktu seakan-akan adalah sesuatu yang abstrak, sedangkan diri...ya diri kita ini...bisa dilihat dan diketahui bentuk dan keberadaannya...Kita tidak bisa mengatur waktu tapi kita bisa mengatur diri kita, begitu katanya. Waktu kreatif tercipta karena kita bisa memanejemen diri kita...Hfff, lagi-lagi hanya masalah cara pandang...

'Nanti bagaimana...', biasanya membuat diri menjadi riweh, kalut, resah, dan nggk tenang...pokokeh mah gelisah aja bawaannya...'ntar klu nggk lulus gimana...ntar klu gue ditolak gimana...ntar klu nggk bisa gimana...ntar klu nggk menarik gimana...gimana dong...!!!', yah, sekelumit kalimat itu yang terlontarkan...So, agar segalanya berjalan dengan baik ya kita harus mempersiapkan yang harus disiapkan...tentunya lebih pada ke persiapan diri dan mental...so, lahirlah Manejemen diri. Klu mau lulus ya diri ini kudu belajar. Klu mau berhasil dalam presentasi ya diri ini harus menguasai materi dan berpenampilan EyeCathing...Klu nggk mau ditolak ma calon mertua ya diri ini harus menguasai medan pertempuran-lah...

Bagaimana dengan 'bagaimana nanti-lah...', Wei...ini pasti orangnya cool abis, damai, nggk ada tekanan...santai banget, bagaikan air yang mengalir, tanpa tujuan...pokokeh slowly banget deh. Janji jam 9 eh baru nongol jam 10.30an, weih terkadang bikin orang kesel...hehehe...Dalam beberapa kasus ada beberapa kemungkinan: 1. Orang ini tidak pernah mempersiapkan segala sesuatunya or 2. Orang ini telah mempersiapkan segala sesuatunya namun selalu tidak match terhadap yang dia inginkan...3. Orang ini udeh stress akut banget...dan Salahkah mereka...??? Ya nggklah...yang salah itu klu nggk Nurut ma Allah...;-)

Dan, kesemua itu lebih kepada manajemen diri...Klu diri kita sudah berpikir 'nanti bagaimana...' maka akan terbentuk waktu yang positif dan kreatif...sedangkan 'bagaimana nanti-lah' cenderung masih ada hari besoklah, nunggu dan nunggu...Ummm, terkadang bener juga memang nggk ada tuh yang namanya manejemen waktu tapi lebih kepada manejemen diri...weleh2...Bener nggk sieh...apa gue salah ya....???? or memang ada manejemen waktu dan manejemen diri dan keduanya saling berkaitan...Ciyouw Whew!


Look at me! Aku masih dengan manejemen waktu yang nyungsep terlebih lagi manejemen diri...hehehe. Setiap berangkat kerja aku membuang waktu didalam perjalanan sekitar 2,5 jam lebih, begitu juga saat aku pulang. So, dalam sehari aku menghabiskan waktu 5 jam lebih.
'Trus loe ngapain pin dalam perjalanan menuju kekantor loe...',
aku jawab...: 'Nothing...aku tidur',
'Gila loe...nggk produktif amat...sehari loe buang waktu 5 jam, seminggu selama hari kerja loe buang waktu 25 jam, sebulan buang 100 jam (25jamx4), setahun loe buang 1200 jam (100jamx12)...Itu sama aja loe ngebuang waktu sebanyak 50 hari dalam setahun...Gila Loe pin...Gggrhhh!!! itu hanya habis dalam perjalanan belum yang lainnya...Kenapa loe nggk ngkost lagi aja or Kredit motor....???'...

Beuh...gue diomelin ma temen gue...! Ummm, 50 hari cuma buat tidur diangkot trus ngeliatin kendaraan macet...gila juga ya gue, Penjahat kejam dong! Klu make motor emang lebih pendek waktunya, bukan karena aku nggk ada uang buat kredit...tapi ada kesepakatan yang tak tertulis antara aku dan bokap...!!!hehehe...Mau Tau aja deh...Trus, klu ngekost lagi maunya cie...tapi...tau ah Gajebo nih ne'...Entah kenapa aku ingin mewujudkan saran bokap. Well, kita liat aja deh...

Aku rasa harus ada bayaran yang tidak murah akibat aku membuang 50 hari dalam setahun ini. Seorang teman menanyakan about 'Pepes tahu di Bis kota...', kayaknya bukan di blog ini deh ceritanya...hehehe...aneh...So, 'pepes tahu di bis Kota' or 'Dari pada ngiler mending Tahajud'...pilih mana??? ihhh, nggk nyambung deh...!!!

'pin...pin...klu manejemen diri loe masih nyungsep wah bakalan susah tuh masa depan loe...Jangan sampe masa depan udeh menjadi masa lampau...'

iye iye...Bueh, gimana caranya neh 2.5 jam tea efektif dan efisien...???
'Nanti bagaimana...?'
'Nanti bagaimana...?'
'Nanti bagaimana...?'
'Nanti bagaimana...?'
tik---tik---tik--tik--Zzz...Zzz...Zzz
Huuu....dasar, malah dzikir lepas loe pin....

Nb: Kirim-kirim salam deh...buat Puspita dan Lience moga cepet seminar deh. Buat mas JundiHasan...bae2 ye dijalan...yang lainnya dilain hari aja ya...

Salam
Pipin Andriyanto...

1 comment:

jundihasan said...

meskipun judulnya NGALOR NGIDUL, trnyt isinya gak terlalu NGALOR NGIDUL ! :D ttp inspring (preeet !!).

sama pin..kadang di bis sering bingung mo ngapain. tilawah udah, baca buku bosen, kali cuma ngeliatin orang hilir mudik aja.

iya juga ya..banyak waktu yg ternyata dah kita buang. Astagfirullah..