Friday, October 5, 2007

Menakar kembali...

Jantung-ku ternyata masih berdenyut seiring dengan hembusan nafas...dan roda sejarah masih akan terus bergulir. 'Wuah...ngantuknya kok sangat bersahabat banget ya dengan mata-ku, kerjaan bisa nggk beres-beres neh...', itulah jeritan jiwa yang sering terjadi. Blog-ku masih error nggk bisa mosting Foto or ngesetting tampilan posting, Cucian setumpuk udah siap menunggu dikamar-ku, kemarin buku Gajebo ku di tolak...trus lagi ada masalah yang membingungkan...Hff, tapi jantungku masih berdenyut...nafasku walaupun tersenggal-senggal aku masih bisa hidup. Aku masih bisa makan, masih bisa memberi sesuatu kepada orang lain. Aku masih punya seperangkat baju seadanya yang bisa aku pakai. Hidup diantara dimensi ruang dan waktu yang entah sampai kapan akan berakhir.

Well, teman…ibarat sebuah perlombaan di arena kehidupan, pastinya selalu saja ada evaluasi yang berkesinambungan. 'Sustainable competitive advantage' itu klu bahasa kerennya…tak lain dan tak bukan maksudnya adalah keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. Point itulah sebenarnya yang diharapkan ketika kita sering melakukan serangkaian evaluasi dalam kehidupan ini. Di dunia HRD biasanya ada yang dinamakan dengan Assesment Centre…mmmh, apa ya…? Yang ku-tahu semacam sekumpulan alat untuk melihat kompetensi about skill dan knowledge seseorang. Klu aku bilang sih asesmen itu seperti kaca diri. Ternyata dengan asesmen kita menjadi tahu kita itu seperti apa. Asesmen dilakukan tidak hanya bagi peruntukkan individu namun sebuah Organisasi juga dapat dilakukan asesmen. So…kenapa harus asesmen….mmh, biasanya ya yang diharapkan ya poin itu tadi…'Sustainable competitive advantage'.

Teringat sebuah grup nasyid yang ceria nan kocak…. Kaca Diri nama tim nasyidnya…waktu itu beberapa teman-ku sempat gandrung terhadap warna nasyid yang dibawakan oleh temen-temen Kaca Diri ini…entah keberadaannya sekarang gimana….Masih eksis apa nggk…So, ada kata kunci disitu…’Kaca Diri’…klu dipikir-pikir lagi maka arahnya akan terlihat semacam evaluasi or muhasabah. Yah..gampangannya aja..kita klu ketemu kaca gimana sih…Pastinya dong…pengen keliatan keren dan rapih…Rambut rusak dikit aja langsung dibenerin…. Begitu juga dengan pakaiannya...Iye nggk…??? Kenapa kita lakukan itu….Ya biar tampil rapihlah, biar keren diliat orang lah, biar tambah menariklah…sekumpulan jawaban yang natural adanya…

Klu diperusahaan selalu saja melakukan asesmen baik secara individu maupun organisasinya dan hanya satu sebenarnya yang ingin didapatkan ya itu tadi…..keunggulan Kompetitif yang berkesinambungan (Sustainable competitive advantage). Wah..ternyata konsep Islam memang Integral banget ya…sebagai muslim kita mengenal dengan namanya muhasabah….Hampir sama klu aku bilang dengan asesmen….So, selama ini kenapa muhasabah selalu di anjurkan….ya itu tadi tak lain dan tak bukan untuk menggapai 'Sustainable competitive advantage…' Weleh-weleh…So, sekarang yang menjadi pertanyaan penting bagi kita ialah…, Sudah sejauh mana asesmen/kaca diri/evaluasi/musabah terhadap diri kita yang telah kita lakukan selama ini…??? Jangan tanya kepada rumput yang bergoyang ya….

Aku hanyalah manusia teramat sederhana…banyak salah banyak dosa…Astagfirullah…moga Allah masih memberikan-ku kesempatan agar bisa menjadi pribadi yang 'Sustainable competitive advantage'. RamaDhan sebentar lagi akan berlalu..Moga aku masih bisa mengais-ngais keberkahan yang masih tersisa di ramadhan ini…Ya Allah…..maafkan kelemahan hati pipin…

No comments: