Saturday, December 8, 2007

Lebih Berjuta Warna....

kurang lebih 85% hari dalam seminggu, aku berinteraksi dengan software Excel punyanya microsoft tea. Penggunaan dengan level yang udeh advance pasti berguna banget membantu pekerjaan di kantor. So, karena aku nggk jauh-jauh kerjaannya meringkas data melalui tampilan grafik…maka tidak buruk juga membuat grafik dengan menggunakan Excel. Sebagian orang udeh mengatakan Ok…'Charming pin grafiknya….' begitu katanya. Dan, pikiran-ku pun sejenak lepas berlarian tak karuan...Jadi ketika setelah selesai dalam pembuatan grafik…yang biasa aku lakukan adalah mempercantik grafik yang udeh didapat dengan permainan warna.

Konon katanya warna dan musik bisa membangkitkan gairah hidup seseorang, entah itu dari kinerja ketika bekerja, dalam tataran pergaulan….yah intinya warna dan musik itu bisa menggairahkan hidup kita. Pada proses mempercantik grafik tersebut…di pilihan Area….banyak sekali warna yang kita jumpai…kurang lebih ada 40 warna yang tidak overlapping. Kemudian akibat dari pikiran-ku yang berlarian tidak karuan tadi bertanya…..Apakah bener warna itu hanya 40 seperti yang ada di pilihan Area pada Excel…??? Kita tahu ada terdapat 3 warna dasar…klu nggk salah ialah Merah, Kuning, dan Biru…dan dari 3 warna ini setidaknya menghasilkan 40 warna tadi….Tapi apakah hanya Cuma 40…Yup, tentu jawaban orang yang pikirannya berlarian ialah: Tidak!


Okey…dengan cara wong ndeso aku coba utak atik gathuk lagi berapa kemungkinan warna yang dihasilkan dari 40 warna tadi…klu aku kombinasikan 40C2=780….kemudian 40C3=9.880 dan apa jadinya klu aku terus menjumlahkan sebagaimana berikut: 40C2 + 40C3 + 40C4 + 40C5 + … + 40C40 = 1.099.511.627.775….GILE BO…..berapa model warna yang dihasilkan….? Sekitar 1 trilyun ya….dan klu kita buat grafik pasti deh bentuk seperti kurva normal…Kurvanya mirip lonceng gitu……Manusia hampir tidak ada yang 100% sama…sama seperti campuran warna yang tercipta….tidak ada yang 100% sama. Tidak berhenti hanya sampai disitu…Warna musik yang beragam itu dihasilkan oleh 7 kunci nada pokok….C D E F G A B…dari 7 kunci nada ini menghasilkan jutaan nada (melodi)…bahkan ketika kita hanya memainkan hanya satu kunci dalam bermusik…misalkan kita gunakan kunci G aja…wow…beragam warna nada dapat dihasilkan…..

Tentang Kehidupan….weih…sudah berapa sepuluh ratus ribu juta warna yang kita hasilkan..setiap detik yang kita lewati itulah warna yang kita hasilkan..selalu saja terus berkombinasi hingga terbentuklah ‘warna’ diri kita di penghujung nafas kehidupan.
Warna apa yang ingin kita ciptakan dalam kehidupan ini…? Itu tergantung dari pilihan kita…tidak selalu kita berada dalam kondisi warna kegagalan…
Ketika kita memang sudah berani untuk mengambil suatu keputusan apakah itu sebatas Trial n Error atau memang sudah yakin….bersiaplah akan terlahirkan berjuta warna…..Apakah warnanya monoton or Dinamis…Coba saja rasakan…

Sang Seniman Opick pernah gagal dengan warna musik rock-nya dan sukses ketika mencoba warna musik bernuansa religius….Nah….sekarang bagaimana kita mengkombinasikan warna yang dinamis dalam kehidupan kita…..??? Yang jelas berjuta kesempatan tersedia…Yah…pasti masih ada kesempatan….kita pasti bisa membuat jutaan warna dinamis dalam kehidupan kita….Jika sedang bosan….Campur-adukkan saja warna-warna yang sudah kita miliki…masih bisa kok memainkan nada terindah walau hanya satu Kunci nada…Sekali lagi, kita masih punya kesempatan kok...Ok, teman selamat bermain-main dengan warna kehidupan kita…pilih kombinsi warna yang mana….??? terserah….Yang pasti Rasul kita senang warna Putih dan Hijau….

Wallahu ‘alam bishowab
Salam
Pipin Andriyanto

No comments: