Tuesday, March 4, 2008

1/4 abad

Harus dimulai dari mana….? 0 km? 0 sekon? 0 km/jam? Selembar kertas putih? 1,30 meter kain hitam? 0 Rupiah? 0 Kg? 0 Kb? 0 Ppm? Sabun rinso? Kiwi splash cologne? Aroma belaggio? Ponds body white? Pekerja tidak tetap? Angka nol? Atau di mulai dari dalam hati nurani yang kemudian bercerita kata-kata laksana gemericik air sejuk nan damai? Kata terakhir yang aku raih adalah bahwa hidup itu merupakan lompatan-lompatan kecil yang menuju kepada suatu titik. Sebuah titik yang keberadaannya merupakan kumpulan lompatan-lompatan titik di masa lalu. Akan terasa sedikit berbeda jika kalimat itu terucap dari seorang manusia pembelajar.
Keberadaan kita sekarang adalah apa yang kita pikirkan di masa lalu..tentunya bukan suatu filosofi yang aneh teman. Akan tetapi menjadi sangat aneh jika sejenak kita berhenti dan merenung.. “kok bisa ya...?”. “mmh, padahal dulu gue Cuma ngayal doang...”, “yes akhirnya kesampaian juga keliling Indonesia...”, “Kok bisa ya...?” ternyata kata-kata itu benar...dan senyuman-senyuman renyah itu pun bergelantungan bebas di hati kita. Pasti ada semacam doa kecil yang menyebabkan kita seperti yang sekarang ini...dan itu memang benar apa adanya teman...

Namun ada sebagian kelompok orang yang tidak pernah berpikir tentang akan jadi apa nantinya. Orang-orang yang menganut paham “miracles happen everyday” bahwa disetiap detik yang berjatuhan dimuka bumi ini selalu akan membawa balon-balon ajaib yang siap pecah secara tiba-tiba yang kemudian mengubah nasib seseorang. Sebagian kelompok ini juga berpikiran bahwa: “Life was like a box of chocolate, you’ll never know what you’re gonna get”. Ternyata tidak semua coklat rasanya enak. Penampilannya seih terlalu biasa dan biasa banget, wey tapi hasil jerih payahnya yang luar biasa, mengalahkan orang-orang sekitar yang dianggap mampu dari segi kecerdasan, financial, penampilan, dll. Menjadi pemain pimpong kelas dunia, pejuang yang gagah berani dimedan perang, Milyader udang…Just Run…!!! Sebagian kelompok yang menganggap dirinya bukanlah orang cerdas dan kemudian bertutur: ”I may not be a smart man, but I know what love is”…romantis sekali teman.

Mengikuti naluri keadaan sekitar dan Just Run! Tidak membutuhkan kecerdasan tingkat tinggi, hanya bahwa kita tidaklah berbeda dengan mereka yang sudah hebat. Ternyata suply energi pikiran yang positif ke jaringan saraf otak yang telah melalang-buana ke sekujur tubuh ternyata mampu mengubah kerupuk kulit menjadi beragam jenis daging steak. Sirloin, filet mignon, Top loin, T-Bone, Portherhouse, Rib steak, Steak Kakap Renyah, Steak Ayam Saus Putih, Steak Iga Bumbu Cina, Steak "Ayam" Saus Cabai, many others deh...hey, mau makan steak apa kita nanti....? Bagi yang sudah menonton berkali-kali sebuah film yang telah memenangkan piala Oscar tahun 1994 (film yang bersumber dari novel karya Winston Groom: ”Forrest Gump”) pasti tidak asing lagi dengan beberapa kalimat diatas yang aku tuliskan.
Aku percaya bahwa keberadaanku sekarang ini merupakan kumpulan lembaran kecil diriku dimasa lalu dan aku pun percaya bahwa terkadang kita mendapatkan sesuatu yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Disebut keberuntungan or keajaibankah...? menjalani hidup bukanlah sebuah perkara yang gampang. Waktu yang berkembangbiak dengan pesatnya, sejarah manusia yang terus beranak-pinak, tantangan karir yang menciutkan nyali hingga ke urusan KUA, pelaminan, dan mengarungi samudera rumah tangga. Complicated!!!, tapi jangan terlalu diambil rumit...Asalkan adik ada di sisi Mas...Mas pasti bisa...weddehhh...!!!

Well, teman...gerbang itu terbuka lagi dan hari ini aku tepat sekali barada di bawah gerbang itu. Mengurusi administrasi rencana tahun depan walaupun masih hanya berbentuk pointers-pointers, catatan-catatan kecil...Tertuliskan bahwa hari ini Usia-ku genap 25 tahun...seperempat abad sudah aku berada di dunia ini. Mmh, belum banyak yang bisa aku lakukan, belum banyak karya yang terlahirkan, dan aku masih belum bisa apa-apa....hanya sesekali tersenyum dan tertawa lepas bersama orang-orang hebat. Dan terimakasih ku-ucapkan untuk kedua orang tua, para saudara kandung, pakde bude, saudara sepupu, saudara seiman...moga selalu diberi kemudahan....Sebentar lagi gerbang itu akan tertutup dan aku akan berapa di rentang waktu seperempat abad...

So, harus dimulai dari mana...??? ehmm, dimulai dari keyakinan didalam hati nurani yang berteriak dengan lantang namun singkat: ”Gue pasti Bisa!!!”

Salam
Pipin Andriyanto
04 Maret 1983

3 comments:

jundihasan said...

ente milad ya???

asik asik asik..*uppss..yg syar'i dikit napa sih??*

barakalllah ya akhi...;)) *kalo emang milad*

Anonymous said...

Waduh, ngucapinnya telat je kak :D, anyway gpp lah ya..

"Met Milad", Barokallah kak.. smoga Tercapai impian2nya, dimudahkan aktivitasnya, makin bermanfaat bagi umat dan saudara/ri nya, Wish U get All the Best from Allah" amiin Alahumma amiin ^^

Anonymous said...

Barakallah... met milad y.
KAMU PASTI BISA!!!!!!!