Thursday, November 8, 2007

SOHO...

"Mba ity...kok bu sandra belum datang...nggk masuk ya mba...?"
"Ooo, bu Sandra lagi SOHO pin...jadi lagi dirumah deh..."

Berdasarkan hasil dari postingan 'ngalor ngidul' kemarin adalah gue paksa diri bahwa diangkot gue harus baca buku. Baca buku apaan kek...yang penting pikiran nggk kosong plong-blong...wei...kerenkan gue, setidaknya ada kemajuan sedikit-lah...

"Baru nyadar loe pin kamana wae jeng kemaren-maren...hmm, paling juga cuma tahan seminggu doang...???"
"eh, berisik loe...!!!hargain dong usaha gue..." biasalah pertempuran hati terjadi lagi.

Sebenarnya bahasan buku yang ku-baca pada kesempatan kali ini itu mengingatkan-ku pada dialog diatas, sekitar 2 tahun yang lalu kale ya. Disebuah gedung dikawasan kuningan ketika aku sedang Praktek Lapang. Tak banyak ilmu Statistik yang ku-dapat tapi ilmu laen yang bernuansa psikologi-lah yang singgah. Orang psikologi itu para dukun or paranormal ya...??? bisa tahu klu gue itu gimana...Konon dengan alat yang disebut Papicostick (tulisannya bener nggk ya???) dan MBTI (aku bertipe ESTJ) bahwa memang benar adanya klu aku ya seperti alat yang dihasilkan itu.

As long as i kenow Youy... bahwa beberapa perusahaan memang ada yang menerapkan konsep SOHO ini kepada sekumpulan karyawannya. Klu SOHO kita panjangkan maka akan terbaca Small Office Home Office. Jadi kita nggk harus melulu mengerjakan kerjaan dikantor. Dirumah bisa juga bo, enakkan. Sembari duduk santai, tidur-tiduran sambil ngerjain kerjaan. Bercengkrama dengan anak. Sembari nonton pilem, ngemil. Klu ngantuk tinggal tidur dengan penjagaan weker. Besok tinggal presentasi deh. Irit ongkos dan beberapa biaya operasional lainnya...Yang penting kerjaan Beres, dan Bos senang...

Dan, beberapa kisah yang menarik pun terlahirkan dari konsep SOHO ini. Ada seorang ibu yang mendirikan usaha penerbitan dirumah kontrakkan. Kemudian ada yang mendesain busana muslimah di rumah yang sederhana padahal distribusinya udeh lebih luas dari P.Jawa...kemudian lahirlah penerbit buku yang bernamakan Taj Mahal, Halimah, de el el.

Aku rasa konsep SOHO ini cukup cool juga klu aku coba beberapa tahun mendatang. Moga-moga aja aku dapet Istri yang bisa diajak ber-SOHO ria...Jadi anak gue bisa ke-urus, Yah, butir-butir padi tumbuh berkembang dengan perhatian.

'Huuu...ngarep loe pin...'
'Gggrhh...berisik aja loe dari tadi...!!!'

Yang tergambarkan sieh baru usaha penerbitan bo, dari pada aku kirim naskah nggk pernah diterima...hehehe...ya mending punya penerbitan sendiri. Tapi langkah awal cukup susah juga neh jeng...butuh modal, trus Skill and knowledge. Eh, segala sesuatunya itu pasti ada celahnya. Ada juga yang disebut konsep 'Match and Mirror'...Mencontek suksesnya 'Match and Mirror'-nya Peterpan yang kemudian disesuaikan dengan dunia penulisan. Itu juga harusnya menjadi salah satu pertimbangan. Kira-kira 'Move UP' bisa nggak ya...???

'Hanya diperlukan sebuah ruangan kecil untuk menerjemahkan sebuah cita-cita besar!'....

Itulah yang tergambarkan oleh para pekerja SOHO non-kantoran. Pergi kepasar sesaat untuk mencari ide. Pergi ke toko buku untuk mencari ide juga. Nonton Film untuk mencari ide juga. Membayar Zakat, Solat duha,solat tahajud untuk memperuncing ide. Duduk diruangan kecil itu dan tunggu beberapa saat hasilnya. Yak...Sukses itu kan seberapa kuat kita menahan kegagalan. Hff...Berat jeng! Ternyata orang-orang sekeliling-ku banyak juga yang telah menerapkan konsep SOHO ini, kita tidak pernah menyadari memang.

'Bertindaklah Berani seperti Elang dan Rajawali. Rumahnya terletak di puncak gunung batu, di tempat yang tinggi, dekat awan. Setiap hari sarapan paginya adalah badai dan petir. Dan Rajawali maupun Elang tetap sukses mencari mangsa dengan bebas merdeka disertai sayapnya yang terkembang terwibawa. Terbanglah tinggi, besarkan cita-cita sendiri, besarkan semangat sendiri, gembirakan hati sendiri, perkuat tekad hati sendiri, menuju bintang-bintang...'(Mas Yudi P, sukses besar tanpa gelar)

'Pak manager kapan saya bisa SOHO...???'
'Ya...nggk mungkin-lah pin...'
wok wok wok...!!! kok jadi banyak suara kodok cie jeng...???


Salam
Pipin Andriyanto

1 comment:

jundihasan said...

Wah pin..kalo di kantor ini SOHO abis pin..hehehe gak ding

makanya jadi PNS. tetep berkualitas dengan waktu yang bebas :)

*comment gak mutu ya??!!